World Ballet Day 2020

Hampir seluruh dunia mengenal ballet sebagai bentuk seni tari yang indah dan anggun, tapi bagi mereka yang mengalami dan menggelutinya sehari-hari, dunia ballet tidak sebatas keindahan dan keanggunan di atas panggung.Bagaimana keseharian para penari, apa saja yang mereka lakukan demi menyempurnakan teknik dan peranannya dalam sebuah pementasan, bagaimana cara kerja koreografer ballet, apa saja yang memungkinkan sebuah pementasan bisa berjalan; merupakan sebagian pertanyaan yang ingin kita ketahui sebagai penikmat seni tari ballet.Karena alasan itu pula, beberapa ballet company (kelompok ballet) ternama mencoba membuka pintu pada para pecintanya dan dunia dengan cara Live Streaming secara bergantian selama satu hari penuh.

World Ballet Day diadakan pertama kali pada tanggal 1 Oktober 2014 dengan menampilkan lima ballet company; The Australian Ballet, Bolshoi Ballet, The Royal Ballet, The National Ballet of Canada dan San Francisco Ballet. Sejak itu, World Ballet Day selalu diadakan setiap tahunnya di bulan Oktober dan ballet company lain pun ikut diundang dan turut serta.

Situasi pandemi di tahun ini tidak menghalangi World Ballet Day untuk tetap dilangsungkan. Dapat dipastikan, tiga dari lima pelopor World Ballet Day tetap mengadakan Live Streaming di tanggal 29 Oktober 2020. Mereka akan hadir dengan semangat yang sama, yaitu menyatukan dan merayakan tari ballet bersama para pecintanya di dunia. Selain dapat menyaksikan bagaimana mereka bekerja dengan budaya dan ciri khas dari masing-masing company, mungkin kita juga dapat melihat serta mempelajari bagaimana mereka menghadapi pandemi melalui cara baru dalam berlatih, bekerja dan melakukan pementasan.

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai acara World Ballet Day yang pernah berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya, kalian bisa mencari tayangannya di YouTube. Sedangkan untuk acara World Ballet Day yang akan datang serta trailer-nya, kalian dapat melihatnya di worldballetday.com dan ikuti halaman mereka di Facebook dengan kata kunci “World Ballet Day 2020” jika tidak mau ketinggalan.

(TP)