REKOMENDASI BACAAN: BENEFITS OF BALLET

Setiap kegiatan positif pasti memiliki manfaat untuk orang yang melakukannya, begitu juga dengan balet. Sebagai aktivitas yang menuntut kondisi fisik, balet juga memiliki banyak manfaat. Kira-kira apa saja manfaatnya, selain membuat tubuh menjadi lebih bugar? Berikut ini adalah beberapa contoh umum dari manfaat melakukan balet yang ditulis oleh The Australian Ballet ini.

Latihan balet ikut mendukung perkembangan otot jika dilakukan secara rutin, baik dan benar. (Foto: Suprapto)

Meningkatkan kekuatan otot dan kesehatan kardiovaskular
Seperti yang kita ketahui, banyak sekali gerakan balet yang menggunakan kekuatan otot, termasuk ketika berdiri dengan postur balet yang baik dan benar, dimana kita harus selalu menguatkan “core”. Begitu pula dengan bagian tubuh lainnya, seperti; otot tangan saat melakukan port de bras, otot kaki saat adage dan lompatan, otot punggung, dan lain-lain. Sedangkan gerakan-gerakan cepat dan lompatan atau allegro merupakan olahraga yang baik untuk melatih kekuatan paru-paru sebagai alat pernapasan dan jantung.

Gerakan balet dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan sehingga tetap bermanfaat walaupun nantinya seorang penari sudah tidak berlatih secara intensif lagi. (Foto: dok. NAMARINA & Suprapto)

Meningkatkan Keseimbangan
Orang yang selalu melatih keseimbangan cenderung dapat meningkatkan mobilitas dan stabilitas, hal ini menjaga kita untuk tidak mudah kehilangan keseimbangan saat berusia lanjut. Dalam balet, kita banyak menemukan gerakan yang membutuhkan keseimbangan yang baik seperti arabesque dan berbagai gerakan en pointe.

Stretching atau melatih kelenturan, memudahkan tubuh bergerak sesuai dengan keinginan kita. (Foto: dok. NAMARINA)

Meningkatkan Mobilitas
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa balet dapat menjaga sendi-sendi pada tubuh kita karena dalam balet terdapat banyak gerakan besar yang membuat sendi-sendi lebih lentur dan otot-otot lebih kuat.

Sama seperti bentuk kesenian lainnya, menari dapat mengeluarkan endorphin, yang tidak hanya berguna untuk fungsi tubuh tapi juga mampu menimbulkan rasa bahagia. (Foto: Suprapto)

Kesehatan Mental
Para penari balet harus mampu menghafal dan mengingat gerakan-gerakan yang diberikan oleh guru atau koreografer dengan cepat, serta menarikannya kembali dengan baik. Hal ini membuat para penari dapat berpikir dengan lebih cepat dan tepat. Selain itu, balet juga bisa membuat seorang penari merasa bahagia.

Tidak hanya belajar teknik, balet juga bisa sebagai media bagi kita untuk meningkatkan communication skill.
(Foto: Suprapto)

Komunikasi
Sebagai bentuk seni pertunjukan yang mengandalkan bahasa tubuh, para penari terlatih untuk dapat menyampaikan pesan atau cerita tanpa berkata-kata. Hal ini membuat balet mempunyai potensi beasr untuk dapat dinikmati segala kalangan dan budaya, serta menjadi sarana untuk bersosialisasi.

Sebagai salah satu bentuk seni, balet juga dapat mengasah nilai keartistikan. (Foto: Sitti Arlinda)

Meningkatkan Sisi Artistik
Berbeda dengan olahraga lain, balet dilakukan dengan musik, rasa, akting, dan banyak hal artistik lain sebagai pendukungnya. Saat menari dengan musik kita menambah sensitivitas kita agar dapat menarikannya dengan style serta ekspresi yang sesuai.

Nah, selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi manfaat dari balet, yang bisa dirasakan sendiri oleh mereka yang sedang – atau sudah pernah – melakukannya. Tidak terbatas bagi yang ingin menjadi penari, tapi juga bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan dan keartistikan.

Felicia Harenya S. & Aisha Antinasari E.